Tuesday, March 15, 2011

Cara Booting Dengan Flashdisk ( Part 2 )

Postingan kali ini, saya ingin memberikan sedikit tutorial cara membuat USB flash disk bootable untuk menginstal Operating System (dalam hal ini Windows 7) Peace Sign.



Sebenarnya ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk membuat flashdisk bootable. Baik itu yang menggunakan natively dari Windows  itu sendiri maupun menggunakan Software.


Pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan native dari windows saja Happy.

Baiklah, langsung saja, sebelum saya mulai ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebagai berikut:
  • Flash disk 4GB (Untuk Menaruh Operating Systemnya)
  • Iso Image Operating System ( dalam hal ini yang dimaksud adalah Installer Widows 7 )
Langkah langkahnya sebagai berikut:

1.  Masukkan Flashdisk
2. Buka Command Prompt ( bisa dengan cara menekan kombinasi tombol start + r lalu ketik cmd)


3. Ketikkan  eritah diskpart


4. Selanjutnya ketikkan perintah list disk untuk menampilkan disk yang tersedia pada komputer kita saat ini.

 
Gambar di atas menunjukkan bahwa Disk 0 adalah Volume Harddrive yang berkapasitas 320GB, lalu yang Disk 1 adalah modem, sedangkan Disk 2 adalah flashdisk yang berkapasitas sekitar 4GB.

5. Lakukan format terlebih dahulu pada flashdisk kita. [Jgn lupa backup data2 Anda bila ada yang ingin diselamatkan sebelum hilang Happy]. Ketik peritah - perintah berikut.
  1. select disk 2   dimana angka 2 adalah disk yang ingin diformat, silahkan sesuaikan dengan keperluan Anda.
  2. clean
  3. create partition primary
  4. select partition 1 active
  5. format fs=NTFS
  6. assign
  7. exit
6. Setelah di format, selanjutnya membuat flashdisk menjadi bootable dengan bantuan utilitas bootsect yang terdapat pada Windows Vista maupun Windows 7. Masih pada command prompt yang sama, selanjutnya masukkan DVD Windows 7 pada DVD Drive komputer anda, lalu ubahlah ke direktori dimana DVD tersebut berada, dengan perintah:
  • d:
  • cd d:\boot
[dengan asumsi drive DVD saya adalah d]

7. Gunakan bootsect untuk membuat flashdisk kita menjadi bootable. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah:
  • bootsect /nt60 g:
[saya asumsi flashdisk saya berada pada drive letter g:]

Selanjutnya tutup command prompt

8. Copy-lah semua file instalasi yang ada di DVD drive Anda (dlm contoh saya drive d) ke flashdisk Anda (dlm contoh saya g).

Bila telah dicopy, sekarang flashdisk Anda telah bisa bootable! Smug
Berikut screenshotnya :

IMG_3182 IMG_3183 

Selamat Mencoba!

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan Komentar anda